Popularitas Windows XP Makin Merosot

Menurut riset terkini, dilaporkan bahwa jumlah pengguna Windows XP makin merosot tiap bulannya. Hal tersebut diketahui dari data statistik yang dilansir dari situs netmarketshare.com.

Situs tersebut melaporkan bahwa bulan Januari tahun 2011, pengguna XP mencapai 57,62%, sedangkan bulan berikutnya terus menurun dan tidak terjadi peningkatan sedikit pun. Data terakhir di bulan Desember lalu mencatat pengguna XP menjadi sekitar 46%.

Kebalikan dari itu, Windows 7 lambat laun makin banyak digunakan. Meski peningkatannya tidak terlalu drastis, seiring berjalannya waktu dan melihat data statistik yang ditampilkan, Windows 7 tinggal menunggu waktu saja menggantikan posisi XP sebagai yang terdepan.

Selama ini, Windows XP telah menjadi primadona dengan pencapaian prestasi yang luar biasa di mana banyak pengguna yang menyukainya. Apalagi, Windows Vista sebagai penerusnya dianggap gagal, sehingga orang tetap bertahan menggunakan XP.

Beberapa pengguna setia XP memiliki berbagai alasan mengapa masih enggan beralih ke Windows 7. Kebutuhan spesifikasi XP lebih ringan dibanding Windows 7 menjadi alasan yang paling banyak dilontarkan. Namun, hadirnya komponen baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi telah memicu beberapa pengguna untuk “berani” menggunakan Windows 7.

Pihak Microsoft mengatakan, “Kami memperkirakan bahwa saat ini 10% dari pengguna telah melakukan migrasi ke Windows 7 dengan sukses, 55% sedang berjalan, 25% sedang menuju ke arah sana, dan 10%-nya masih setia menggunakan XP.”

Seperti diketahui, Microsoft akan menghentikan dukungan terhadap Windows XP pada tahun 2014. Nantinya, Microsoft tidak akan lagi menyediakan security patch maupun hot fixes dan hanya menyediakannya secara terbatas untuk pihak tertentu saja.

Advertisements