Pendapatan Server IBM Terbesar

Pendapatan pasar server dunia pada kuartal ketiga 2011 menurut Gartner mencapai $13 milyar, tumbuh 5,2% dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Pada kuartal ketiga 2011 ini, pangsa pasar terbesar dipegang oleh IBM yaitu 29,7% dengan pendapatan $3,85 milyar. Dibandingkan dengan dengan kuartal yang sama tahun lalu, pendapatan IBM naik 3,5%.
Pencapaian ini berhasil mengungguli Hewlett-Packard yang kali ini cuma meraih $3,8 milyar, turun 3,6% dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Kini pangsa pasar HP sebesar 29,3%, sedikit di bawah IBM. Di urutan ketiga ditempati oleh Dell dengan pertumbuhan pendapatan 6,3% dengan nilai $1,9 milyar. Dell meraih pangsa pasar server di kuartal ini 14,7%.
Di tempat keempat diduduki oleh Oracle yang telah mengambil-alih Sun Microsystems dengan jajaran server SPARC. Oracle mengantongi pendapatan server kuartal ketiga sebesar $764 juta. Pangsa pasarnya tetap 6,2%, sama seperti tahun lalu.
Bila dilihat dari sisi pengapalan (shipment) ada pertumbuhan 7,2% pada kuartal ketiga tahun ini dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Shipment pada kuartal ketiga 2011, menurut Gartner, mencapai 2,4 juta. Shipment untuk server high-end dan mainframe yang berbasis RISC dan Intel Itanium menurun 6,8% pada kuartal ini, sementara shipment untuk server bebasis chip x86 tumbuh 7,6%.
Dari sisi shipment HP masih nomor satu walau mengalami penurunan 3,1%, dengan pangsa pasar 32,3%. Di tempat kedua diduduki oleh Dell yang mengalami kenaikan 3,2% dengan pangsa pasar 21,8%. Pangsa pasar IBM turun dan menjadi 12,1% dengan tidak ada pertumbuhan shipment.

Peningkatan shipment disebabkan oleh pasar yang kuat di Asia Pasifik. Di wilayah ini ada pertumbuhan 23,9%, kata Gartner.